Pembelajaran abad 21 melahirkan pergeseran total paradigma belajar siswa. Pergeseran dari siswa yang membutuhkan guru sebagai fasilitator ke arah siswa belajar mandiri, meskipun peran guru masih relatif nampak, tetapi tidak langsung. Untuk membuat siswa SMP tersebut mampu belajar mandiri, perlu media pembelajaran yang mampu juga mendukung sifat kemandirian siswa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa dan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode One Group Pre-test Post-Test Desaign. Sampel yang berpartisipasi adalah siswa kelas 8 yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi kemampuan guru. Analisis data yang digunakan yaitu melihat persentase setiap kegiatan pembelajaran, dan untuk mengukur pemahaman siswa dengan membandingkan hasil Pre-test dan Post-test. Hasil penelitian menunjukkan penerapan MAPLET dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa. Selain itu, dengan penerapan MAPLET dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Dengan menggunakan Aplikasi ini akan membantu siswa dalam memaksimalkan belajarnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023