Musamus Journal of Mathematics Education
Vol 6 No 1 (2023): Musamus Journal of Mathematics Education

Penerapan MAPLET Untuk Mandiri Belajar Matematika Pada Siswa SMP Kelas VIII

Rubianus, Rubianus (Unknown)
Linggih, I Ketut (Unknown)
Lembang, Suri Toding (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Pembelajaran abad 21 melahirkan pergeseran total paradigma belajar siswa. Pergeseran dari siswa yang membutuhkan guru sebagai fasilitator ke arah siswa belajar mandiri, meskipun peran guru masih relatif nampak, tetapi tidak langsung. Untuk membuat siswa SMP tersebut mampu belajar mandiri, perlu media pembelajaran yang mampu juga mendukung sifat kemandirian siswa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa dan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode One Group Pre-test Post-Test Desaign. Sampel yang berpartisipasi adalah siswa kelas 8 yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi kemampuan guru. Analisis data yang digunakan yaitu melihat persentase setiap kegiatan pembelajaran, dan untuk mengukur pemahaman siswa dengan membandingkan hasil Pre-test dan Post-test. Hasil penelitian menunjukkan penerapan MAPLET dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa. Selain itu, dengan penerapan MAPLET dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Dengan menggunakan Aplikasi ini akan membantu siswa dalam memaksimalkan belajarnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mathematics

Publisher

Subject

Mathematics

Description

FOCUS: The aims of this Musamus Journal of Mathematics Education is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles. SCOPE: The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issues ...