Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan prosedur Newman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui ujian tertulis yang disajikan dalam bentuk soal-soal matematis berdasarkan materi bangun ruang sisi datar dan dilanjutkan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa, mulai dari kesalahan membaca soal, memahami soal, transformasi, kemampuan proses, hingga penulisan jawaban akhir. Kesalahan ini sering disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar dan ketidakmampuan dalam mengaplikasikan prosedur penyelesaian yang benar. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat membantu para pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar serta mengurangi kesalahan dalam melakukan pemecahan masalah matematis.
Copyrights © 2024