Musamus Journal of Mathematics Education
Vol 6 No 2 (2024): Musamus Journal of Mathematics Education

Analisis Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Herliyani, Nurmaya (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan prosedur Newman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui ujian tertulis yang disajikan dalam bentuk soal-soal matematis berdasarkan materi bangun ruang sisi datar dan dilanjutkan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa, mulai dari kesalahan membaca soal, memahami soal, transformasi, kemampuan proses, hingga penulisan jawaban akhir. Kesalahan ini sering disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar dan ketidakmampuan dalam mengaplikasikan prosedur penyelesaian yang benar. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat membantu para pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar serta mengurangi kesalahan dalam melakukan pemecahan masalah matematis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mathematics

Publisher

Subject

Mathematics

Description

FOCUS: The aims of this Musamus Journal of Mathematics Education is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles. SCOPE: The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issues ...