Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Evaluasi Kebijakan Implementasi MBKM di Universitas Negeri Jakarta

Mulyadi (Universitas Negeri Jakarta)
Awaluddin Tjalla (Universitas Negeri Jakarta)
Muchlas Suseno (Universitas Negeri jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian evaluasi kebijakan ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap Implementasi MBKM di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian evaluasi ini mengacu pada model penelitian evaluasi formatif, yaitu model penelitian yang dikembangkan oleh Michael Scriven. Adapun fokus penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Peneliti membagikan kuisioner dengan menggunakan bantuan google form kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ yang berumlah 56 mahasiswa. Hasil penelitian tentang persepsi mahasiswa terhadap implementasi Program MPKM pada tahap perencanaan diperoleh hasil mahasiswa menyatakan Puas (64,28 %) ,Cukup Puas (32,84 %) dan Tidak Puas (2,88 %). Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa menyatakan Puas (70,72 %), Cukup Puas (27,52 %)dan Tidak Puas (1,76 %). Sedangkan pada tahap Evaluasi, mahasiswa yang menyatakan Puas (74,62 %), Cukup Puas ( 25 %) dan Tidak Puas (0,38 %). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa UNJ khususnya mahasiswa FIP menyatakan puas terhadap implementasi Program MBKM. Abstract This policy evaluation research aims to describe student perceptions of the MBKM Implementation at Jakarta State University. This evaluation research refers to the formative evaluation research model, namely the research model developed by Michael Scriven. The focus of this research includes the planning, implementation and evaluation stages. This research was conducted by survey method. The researcher distributed questionnaires using the help of the Google form to 56 students of the UNJ Faculty of Education. The results of the study regarding the perceptions of planning students towards the implementation of the MPKM Program at the stage obtained by the results of students stating Satisfaction (64.28%), Fairly Satisfied (32.84%) and Not Satisfied (2.88%). At the implementation stage, students expressed Satisfaction (70.72%), Quite Satisfied (27.52%) and Not Satisfied (1.76%). While at the Evaluation stage, students who stated Satisfied (74.62%), Fairly Satisfied (25%) and Dissatisfied (0.38%). Based on the results of this study, it can be concluded that the perceptions of UNJ students, especially FIP students, expressed satisfaction with the implementation of the MBKM Program.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...