MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 1 (2024): MATHEMA

Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Kriteria Newman

Ismaimuza, Dasa (Unknown)
Idris, Mustamin (Unknown)
Rosyidah, Anni Syakhiyatur (Unknown)
Rochaminah, Sutji (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan kriteria kesalahan Newman serta faktor penyebab kesalahanya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN Sigi, berdasarkan 5 kriteria penentuan subjek dipilih 1 siswa yaitu MT. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes berupa tes tertulis materi program linear untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dan wawancara untuk mengkonfirmasi kesalahan siswa serta mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal program linear yaitu:1) Kesalahan membaca, yakni siswa tidak dapat membaca informasi penting pada soal. Kesalahan tersebut disebabkan karena lupa. 2) Kesalahan memahami masalah, yakni siswa keliru dalam memahami informasi yang diketahui dan ditanyakan oleh soal. Kesalahan tersebut disebabkan karena kesulitan memahami masalah dalam soal. 3) Kesalahan transformasi, yakni keliru dalam mengubah informasi yang ada pada soal ke model matematika pada fungsi kendalanya. Kesalahan tersebut disebabkan karena tidak memahami konsep materi yang dipelajari. 4) Kesalahan keterampilan proses, yakni keliru dalam melakukan proses penyelesaian pada langkah-langkah penyelesaian soal dan keliru menjalankan tahapan-tahapan operasi hitung yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Kesalahan tersebut disebabkan karena  kurang teliti, tidak memahami konsep materi yang dipelajari seperti menentukan daerah penyelesaian dari sebuah grafik, eliminasi/subtitusi, menentukan titik pojok () dan konsep perkalian menggunakan tanda kurung. 5) Kesalahan penulisan jawaban, yakni kurang tepat dalam menuliskan jawaban dan kesimpulan. Kesalahan tersebut disebabkan karena kurang teliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...