MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 2 (2024): MATHEMA

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Metode Student Created Case Studies Pada Materi SPLDV

Pikoli, Santi (Unknown)
Ismail, Sumarno (Unknown)
Pauweni, Khardiyawan A.Y. (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penggunaan metode pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Bulango Utara pada tahun ajaran 2023-2024 semester ganjil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Bulango Utara dengan jumlah total 25 orang terdiri atas 14 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa Perempuan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Prosedur penelitian meliputi dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari; rencana, tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil pengamatan aktivitas guru yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 66,67% menjadi 88,10%. Selanjutnya hasil pengamatan aktivitas siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 55,88% menjadi 85,29%. Adapun hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari 64% menjadi 84%. Semua aspek telah mencapai indikator keberhasilan pada siklus II melalui penggunaan metode Student Created Case Studies (SCCS).Kata Kunci: Student Created Case Studies (SCCS), Pemecahan Masalah Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...