MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 1 (2024): MATHEMA

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender

Wahyuningtiyas, Kharisma (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)
Subanji, Subanji (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dikembangkan dan harus dimiliki seseorang dalam penyelidikan dimana melibatkan Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, dan Self-Regulation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dimana metode ini digunakan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Malang kelas akselerasi yang berjumlah 30 siswa, 20 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki, setelah melalui pertimbangan diambil subjek  berdasarkan gender yaitu dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan yang dianalisis dengan perbandingan tetap. Teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa perempuan dan siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah matematika dimana siswa perempuan mampu memenuhi keterampilan berpikir kritis secara baik dan rinci sehingga memenuhi indikator Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, dan Self-Regulation. Sedang siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah tidak terlalu rinci dan tidak melakukan pengecekan dikarenakan siswa laki-laki lebih memikirkan pekerjaan yang praktis dan lebih berfokus ke hasil akhir sehingga dalam keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki hanya memenuhi indikator Interpretation, Analysis, Evaluation dan Inference.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...