MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 2 (2024): MATHEMA

Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Mahajani, Rizki (Unknown)
Hulukati, Evi (Unknown)
Oroh, Franky Alfrits (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi agar mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Tilamuta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 1 Tilamuta pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelititan ini adalah 6 siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Tilamuta, yang berasal dari siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal higher order thingking skills pada mateeri sistem persamaan linier tiga variabel secara keseluruhan sebesaar 77,96% dengan tingkat kategori tinggi terdiri dari 3 orang siswa dengan persentasi kemampuan sebesar 95,24%. Pada kemampuan sedang terdiri dari 23 orang siswa dengan persentasi kemampuan 83,15%, dan pada kategori rendah terdiri dari 4 orang siswa dengan persentasi kemampuan 55,50%.Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Soal HOTS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...