Aspek produk pariwisata memainkan peranan yang penting dalam pengembangan seuah destinasi pariwisata. Pengembangan produk pariwisata masih banyak yang berfokus pada pembangunan fisik saja. Penelitian ini mengelaborasi potensi produk pariwisata secara holistik baik dari sisi tangible maupun intangible yang dimiliki sebuah kampung wisata Pancuran di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seluruh komponen produk yang dimiliki dengan melakukan penelitian kualitatif dengan cara observasi di lapangan langsung, melakukan wawancara dan studi pustaka, serta menganalisa secara deskriptif. Data dianalisis lebih mendalam menggunakan analisis SWOT. Hasil temuan menunjukkan bahwa kampung wisata Pancuran memiliki beragam potensi daya tarik wisata namun terdapat kelemahan di sisi amenitas dan aksesibilitas. Rekomendasi yang diberikan adalah pengemasan paket wisata yang mengintegrasikan seluruh potensi yang dimiliki.
Copyrights © 2024