Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas VII dan VIII dalam membaca Al-Qur'an siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan, dan apa upaya guru pendidikan Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an melalui Metode Baca Lansung. sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa kelas VII dan VIII dalam membaca Al-Qur'an di MTs Muhammadiyah 15 Medan, To mengetahui Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an. Ini Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertempat di MTs Muhammadiyah 15 Medan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII dan VIII berjumlah 58 siswa yang dianalisis sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah dilakukan dengan observasi wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an di sesuai dengan huruf makhrojul, tajwid dan panjang pendek 75% Lancar. Ketika faktor-faktor yang menghambat siswa dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di MTs Muhammadiyah 15 Medan, alokasi waktu pelajaran yang lebih sedikit, dan siswa lingkungan. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kesulitan Membaca Al-Qur'an.
Copyrights © 2023