cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
jurnalumsu@gmail.com
Phone
+6281361147192
Journal Mail Official
jurnalumsu@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan Timur Sumatera Utara - Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 29855071     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam ini memuat publikasi penelitian di bidang pendidikan dan pendidikan islam seperti model, Integrasi pendidikan, Sains Pendidikan, Pembelajaran dan Pengajaran, Penelitian tentang media pembelajaran, kajian teoritis tentang islam, pengembangan kurikulum pendidikan, kemajuan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan penggunaan teknologi dalam pendidikan dan pengajaran. Tujuan dari dibentukannya jurnal ini salah satunya adalah untuk berbagi pengetahuan dan pemikiran tentang pendidikan secara umum maupun pendidikan islam yang akan berdampak positif kepada kemajuan pendidikan terkhusus di negara Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 44 Documents
Pengunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Humairoh H
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.926 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode libraray research.Sumber data yang diperoleh dari skripsi ini yaitu dengan menganalisis 10 jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan pemanfaatan aplikasi quizizz.Instrument penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data-data tentang pemanfaatan aplikasi quizizz lalu menganalisis pemanfaatan aplikasi quizizz dalam meningkatkan minat belajar siswa.Dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya menyatakan bahwa pemanfaata aplikasi quizizzsangat layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar.Ini terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya yang menggunakan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Aplikasi Quizizz, Minat Belajar.
Pemanfaatan Model Pembelajaran Langsung Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Fitria Ramadhani
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.547 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodelogi penelitian Library Research, dengan tujuan untuk mengetahui manfaat model pembelajaran langsung berbantu media audio visual terhadap hasil belajar. Mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti media audio visual dan mengkombinasikan dengan model pembelajaran langsung memiliki tantangan tersendiri bagi guru dalam menggunakan media pembelajaran, desain media dan juga strategi pembelajaran yang sesuai. Berdasarkan hasil dari penelitian dengan merujuk pada jurnal dan artikel yang relevan, mengatakan bahwa pemanfaatan model pembelajaran langsung berbantu media audio visual berpengaruh positif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Seluruh Satuan Pendidikan . Dalam konteks ini proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan daya tarik siswa untuk merangsang kegiatan belajar mengajar, selain itu model pembelajaran langsung berbantu media audio visual juga dapat membantu siswa untuk mempermudah pemahaman terhadap materi pelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Media Audio Visual, Model Pembelajaran, dan Hasil Belajar.
Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Akuntansi Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Pokok Jurnal Penyesuaian Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Annisa Selviana
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.963 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi penelitian Library Research, dengan tujuan untuk mengetahui manfaat LKPD berbasis problem based learning sebagai bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Mengembangkan bahan ajar berbasis model pembelajaran problem based learning memiliki tantangan tersendiri bagi guru. Dalam mengelola bahan ajar, dan model pembelajaran. Berdasarkan hasil dari penelitian dengan merujuk pada jurnal dan artikel yang relevan, mengatakan bahwa adanya pemanfaatan LKPD berbasis problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK khususnya pada materi pokok jurnal penyesuaian. Dalam konteks ini proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan, daya tarik, meningkatkan pemahaman, dan hasil belajar . Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, dan Hasil Belajar.
Konsep Menghafal Surah Pendek Al-Quran Pada Siswa Ra Uswatun Hasanah Emplasmen Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Sri Darma Yanti
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.458 KB)

Abstract

Hasil penelitian yang peneliti lakukan di RA Uswatun Hasanah Emplasmen Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, dengan metode penelitian kualitatif, maka hasil penelitian ini adalah surah pendek yang dihafal anak dari surah Al-`Ala hingga surah An-Naas dan terbagi pada dua semester yaitu genap dan ganjil.Strategi yang digunakan dianataranya startegi mengulang-ulang hingga anak menjadi hafal, setelah hafal dilanjutkan pada surah berikutnya. Strategi lain yang digunkan disesuaikan dengan anak usia dini yaitu bermain dan belajar melalui permainan dan games yang dikombinasikan oleh guru, termasuk strategi sambung ayat yang sangat menyenangkan bagi anak. Sedangkan strategi jitu yang digunakan guru agar anak hafal surah-surah pendek dengan menggunakan audio yang didengarkan kepada anak ketika anak masih berada di luar kelas atau di dalam kelas saat mengafal surah-surah pendek, sehingga anak lebih mudah dan cepat dalam mengafal surah-surah pendek Al-Quran. Kata Kunci: Strategi, Hafalan,Surah Pendek.
Kajian Metode Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Al-Quran Surah An-Nahl Ayat 125 Nurina Nasution
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.663 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research, fokus penelitian menggunakan buku. Setelah penulis mengkaji dan menganalisis tentang metode pendidikan pada anak usia dini yang terdapat di dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 125, maka penulis dapat menyimpulakan bahwa pada AlQuran surah An-Nahl ayat 125 terdapat 3 macam metode pendidikan, yakni; metode Hikmah (perkataan yang bijak), metode Mau’idzhah Hasanah (Nasihat Yang Baik), dan metode Jidal (Debat). Hikmah itu menarik orang yang belum maju kecerdasannya dan tidak dapat dibantah oleh orang yang lebih pintar. Kebijaksanaan itu bukan saja dengan ucapan mulut, melainkan dengan tindakan dan sikap hidup. Hikmah adalah cara yang mencakup seluruh kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual. Pengaplikasiannya dalam pendidikan Islam, mengindikasikan adanya tanggung jawab pendidik. Dengan pengetahuan yang dalam, akal budi yang mulia, perkataan yang tepat dan benar, serta sikap yang proporsional dari pendidik, maka tujuan pendidikan dapat terwujud dengan tidak mendendam, berbuat baik, berkata jujur, sopan dan santun, serta tidak melakukan kekerasan. Mau’idzhah Hasanah (Nasihat yang baik), adalah bentuk pendidikan dengan memberikan nasehat dan peringatan baik dan benar, perkataan yang lemah lembut, penuh dengan keikhlasan, sehingga peserta didik terdorong untuk melakukan segala aktivitasnya dengan baik. Pada mau’idhzah hasanah ini mencakup targhib (seruan kearah kebaikan dan memberi iming-iming balasan kebaikan) dan tarhib (seruan untuk meninggalkan keburukan dengan memberi peringatan dan ancaman bagi mereka yang melanggar). Kata Kunci: Metode, Pendidikan, An-Nahl.
Pola Pendidikan Orangtua Dalam Mendisiplinkan Anak Melaksanakan Sholat Studi Kasus Di Ra Ibnu Halim Tanjung Mulia Hilir Medan Deli Khadijah K
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.705 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research, fokus penelitian menggunakan buku. Setelah penulis mengkaji dan menganalisis tentang pola pendidikan orang tua dalam mendisiplinkan anak melaksanakan sholat, maka penulis menyimpulan bahwa terdapat 3 pola yang diterapkan dalam mendisiplinkan anak melaksanakan sholat yakni; senantiasa berkomunikasi secara rutin kepada anaknya untuk melaksanakan sholat pada tahap perkembangan anak mengalami berbagai dorongan untuk mencari keajaiban dalam keluaraga dan dorongan untuk mengetahui suatu hal yang sebenarnya, selain itu pendisiplinan sebab di dalam sebuah keluarga setiap anggota keluarga memiliki perannya masing-masing termasuk peran ayah dan ibu Orangtua harus selalu membimbing anak dalam mendisiplinkan waktu sholat, dan pendekatan yang dilakukan orang tua kepada anak, pendekatan-pendekatan khusus dilakukan terhadap bentuk-bentuk ketidak disiplinan anak melaksanakan sholat. Selain itu, orang tua harus sadar akan perlunya kasih sayang dan perhatian dalam hal apapun, adanya pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang. Kata Kunci: Pola Pendidikan, Disiplin Anak, Sholat.
Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa Siswa Sekolah Dasar Dinda Ikhwani
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.404 KB)

Abstract

Indonesia memiliki beragam persoalan, namun karakter generasi muda masih jauh dari keyakinan Pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai kajian yang mengembangkan tiga kompetensi yaitu pengetahuan kewarganegaraan, karakter kewarganegaraan, dan keterampilan kewarganegaraan merupakan solusi dari permasalahan karakter generasi muda Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evolusi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan Karakter Bangsa, serta fungsi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui penggunaan perangkat penelitian kepustakaan. Analisis data isi merupakan pendekatan pengumpulan data yang meliputi dokumentasi dan analisis data. Sejak berdirinya negara Indonesia, pendidikan kewarganegaraan mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, dengan modifikasi mata pelajaran yang disajikan dan terminologi yang digunakan untuk mengajar anak didik khususnya sekolah dasar. Pendidikan Kewarganegaraan dapat disampaikan pada semua jalur pendidikan, mulai dari jalur informal, formal hingga nonformal, karena pendidikan kewarganegaraan merupakan ujung tombak penguatan sila-sila pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana pendidikan demokrasi, dengan tujuan membangun warga negara yang berwatak demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Melalui pendidikan kewarganegaraan diharapkan siswa mampu memahami dan menerapkan cita-cita Pancasila sehingga menjadi warga negara yang baik. Kata Kunci: Pengembangan, Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Bangsa.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cergam Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri Nurul Suci Ramadhani
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.791 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis cergam menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi Trigonometri. Subjek penelitian ini adalah tiga ahli yang terdidi dari dua ahli yaitu satu guru matematika, satu dosen matematika dan satu ahli media yaitu dosen matematika. Sedangkan objeknya adalah media pembelajaran berbasis cergam menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi trigonometri. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket media pembelajaran. Terdiri dari angket ahli materi dan ahli media. Berdasarkan analisis data nilai rata-rata diperoleh ahli materi 4,2 dan ahli media 4,3. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran matematika memenuhi syarat kevalidan dari media pembelajaran dengan nilai rata-rata keseluruhannya sebesar 4,25 termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash Pro 8.
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Mts Muhammadiyah Sumatera Utara Tariana
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.165 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas VII dan VIII dalam membaca Al-Qur'an siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan, dan apa upaya guru pendidikan Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an melalui Metode Baca Lansung. sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa kelas VII dan VIII dalam membaca Al-Qur'an di MTs Muhammadiyah 15 Medan, To mengetahui Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an. Ini Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertempat di MTs Muhammadiyah 15 Medan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII dan VIII berjumlah 58 siswa yang dianalisis sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah dilakukan dengan observasi wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an di sesuai dengan huruf makhrojul, tajwid dan panjang pendek 75% Lancar. Ketika faktor-faktor yang menghambat siswa dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di MTs Muhammadiyah 15 Medan, alokasi waktu pelajaran yang lebih sedikit, dan siswa lingkungan. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kesulitan Membaca Al-Qur'an.
Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan Kamidan
Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI] Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.58 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode induktif dan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan. Proses pembelajaran terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang sering digunakan oleh dosen adalah metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Diakhir pembelajaran dosen selalu memberikan motivasi dan mengevaluasi hasil belajar baik harian, tugas, UTS maupun UAS,2). Problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan adalah sebagai berikut: Mahasiswa terlalu sedikit menghafal mufradat/kosa kata bahasa Arab, tidak menguasai ilmu alat seperti ilmu nahwu dan sharaf, serta tidak ada keberanian mahasiswa untuk berbicara dengan bahasa Arab.3).Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut dilakukan oleh beberapa pihak seperti mahasiswa dan dosen. Upaya yang diakukan mahasiswa adalah selalu bertanya kepada dosen ataupun kawan tentang apa yang tidak dimengerti, memperbanyak menghafal mufradat bahasa Arab serta mempraktekkan kosa kata yang telah dihafal, mengikuti kegiatan belajar seperti ekstra kurikuler. Upaya yang dilakukan oleh dosen yaitu: membuat suasana kelas yang menyenangkan, mewajibkan mahasiswa untuk memiliki kamus bahasa Arab, terus memberi memotivasi kepada mahasiswa, menumbuhkan perasaan cinta terhadap pembelajaran bahasa Arab, dosen selalu menggunakan media dalam pembelajaran bahasa Arab, dosen membiasakan menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab sehingga mahasiswa terbiasa menggunakan bahasa Arab, dosen mewajibkan mahasiswa menghafal kosa kata bahasa Arab dikelas maupun diluar kelas. Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Problematika