Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan kegiatan UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) pada siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau. 2) Mendeskripsikan perbandingan skor UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) pada siswa X, XI dan XII SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Berdasarkan hasil UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) tentunya akan memunculkan banyak permasalahan yang harus dipecahkan bersama agar hasil siswa lebih maksimal. Permasalahan tersebut harus dicarikan akar permasalahan melalui data hasil UKBI dan wawancara, sehingga didapat data yang falid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan simpulan. Selanjutnya data dari hasil skor UKBI siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau dideskripsikan dan ditentukan rata-rata hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil UKBI siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau dikategorikan Sangat Unggul, sehingga dapat diperoleh kesimpulan jika pemahaman bahasa Indonesia di sekolah sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan jika pelaksanaan UKBI di SMA Negeri 5 Lubuklinggau efektif pada siswa sehingga siswa dalam kategori baik dalam penggunaan bahasa Indonesia.
Copyrights © 2023