Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan
2023: Transformasi Riset, Inovasi dan Kreativitas Menuju Smart Technology dan Smart Energy

Penerapan Pemasaran Digital Melalui Sosial Media dan Marketplace Dalam Membantu Peningkatan Penjualan di CV. RESTU IBU Gresik

Khadafi, Shah (Unknown)
Anam, Choirul (Unknown)
Oktafiana, Brina (Unknown)
Salim, Ahmad Qolbin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah penggerak roda ekonomi di negara Indonesia, keberadaannya sangat membantu negara dalam membantu permasalahan kemiskinan dan pengangguran. Ketika tragedy Covid-19 pada awal tahun 2020 sangat menurunkan pendapatan ekonomi terutama pelaku UKM, banyak yang tutup, rugi, memberhentikan sebagian karyawannya dan paling parah sampai berhenti beroperasi. Salah satu UKM furnitur adalah CV Restu Ibu yang berada di kota Gresik juga merasakan dan mengalami kejadian dampak dari Covid-19, dimana beberapa karyawannya diberhentikan dan berhenti produksi. Akibatnya omset penjualan berkurang drastis dan pesanan menjadi sepi. Pemerintah Indonesia melalui melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) mengadakan program hibah bersaing Abdimas. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) selaku Perguruan Tinggi swasta di Surabaya, melakukan kegiatan Abdimas yang didanai oleh Ditjen Diktiristek. Kegiatan Abdimas yang dilakukan oleh Dosen-dosen ITATS ini bertujuan membantu mempromosikan produk-produk CV Restu Ibu yaitu furniture, maupun kitchen set melalui teknologi informasi. Pembuatan akun CV Restu ibu pada sosial media seperi Instagram, Facebook,dan Twitter memudahkan pemilik usaha dalam mempromosikan dan menjual produknya. Pembuatan akun toko online Shopee dan Tokopedia memudahkan untuk melakukan promosi dan mengenalkan ke khalayak luas.

Copyrights © 2023