Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan Kampus Mengajar angkatan 5 yang merupakan bentuk pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah melalui berbagai kegiatan seperti penataan perpustakaan, adaptasi teknologi, dan pelaksanaan lomba. Rata-rata nilai siswa dari dua asesmen menunjukkan peningkatan, menunjukkan bahwa program peningkatan literasi dan numerasi di sekolah telah terlaksana dengan baik. Namun, pelaksanaan lomba di akhir penugasan belum dapat dilaksanakan dengan baik karena keterbatasan waktu. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan literasi dan numerasi siswa, meskipun terdapat kendala dalam pelaksanaan lomba akhir penugasan. Dalam menghadapi tantangan tersebut, kolaborasi antara mahasiswa, dosen pembimbing lapangan, dan pihak sekolah menjadi kunci dalam menyelesaikan permasalahan. Selain itu, laporan ini juga mengusulkan agar budaya literasi di perpustakaan tetap dijaga meskipun program Kampus Mengajar telah berakhir.
Copyrights © 2023