Metode pembelajaran dikelas sangat mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahan khususnya dalam perkuliahan Bahasa Inggris bidang Teknik. Untuk itu, menerapkan sebuah metoda yang tepat sangat bermanfaat bagi suksesnya pembelajaran. Saat ini Project Based Learning adalah suatu metoda yang sedang gencar digalakkan di institusi Politeknik. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggambarkan bagaimana Project-Based sederhana dilakukan di dalam pembelajaran Bahasa Inggris bidang Teknik, dan melihat bagaimana respon mahasiswa terhadap pelaksanaannya. Observasi kelas dan pembagian kuesioner dilakukan untuk mendapatkan respon mahasiswa. Kegiatan pembelajaran ini diikuti oleh 40 mahasiswa tingkat satu yang berasal dari dua kelas dengan jurusan berbeda yakni Teknik Manufaktur dan Teknik Otomasi & Mekatronika Manufaktur. Berdasakan hasilnya, ditemukan bahwa pelaksanaan Project-Based Learning berjalan dengan lancar, dan mahasiswa memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan perkuliahan dimana mereka dapat membangun kemampuan komunikasi, kreativitas & eksplorasi, berfikir kritis, dan kolaborasi. Dari penelitian ini didapatkan umpan balik bahwa kegiatan pembelajaran ini perlu dilanjutkan dengan durasi yang lebih lama. Kata kunci: Project Based Learning, Bahasa Inggris Teknik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023