Haumeni Journal of Education
Vol 4 No 1 (2024): Juni 2024

Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Angkasa Kupang pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Berbantuan GeoGebra

Mal, Maria Nutriani (Unknown)
Ekowati, Christine K. (Unknown)
Halim, Fransiska Atrik (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Angkasa Kupang khususnya pada materi bangun ruang sisi lengkung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IX SMP Angkasa Kupang pada materi bangun ruang sisi lengkung khususnya tabung dan kerucut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart, dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masik siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan Tindakan; 3) Observasi; dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes sedangkan analisis datanya berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai keterlaksanaan observasi guru pada siklus I adalah 76,1% meningkat menjadi 93,05% pada siklus II, nilai keterlaksanaan observasi siswa pada siklus I adalah 63% meningkat menjadi 89,8%% pada siklus II, , dan hasil belajar pada siklus I adalah 58,3% meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Angkasa Kupang pada materi bangun ruang sisi lengkung khususnya tabung dan kerucut

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...