Haumeni Journal of Education
Vol 4 No 1 (2024): Juni 2024

Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa

Sukarjita, I Wayan (Unknown)
Hauwali, Nikodemus U. J. (Unknown)
Yusniati, Yusuf H. M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Kupang pada penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS). Jenis penelitian ini ialah kuantitatif deskriptif dengan sampel penelitian ialah siswa kelas XI.1SMA Negeri 7 Kupang sebagai group 1 (kelas eksperimen) dan XI.9 sebagai group 2 (kelas kontrol). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah soal tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) dan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD).Selanjutnya, dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) pada group 1 terdapat hasil belajar siswa yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada group 2, dibuktikan dengan nilai persentase peningkatan hasil belajar ranah kognitif CUPS 74% > STAD 71% ranah afektif CUPS 64% > STAD 57% dan ranah psikomotorik CUPS 53% < STAD 56%. Dari data yang diperoleh menggambarkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CUPS adanya peningkatan hasil belajar siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...