Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Fisika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Zagita, Chentaca Desdemona (Unknown)
Sukardiyono, Sukardiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray pada pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik SMA pada materi fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di SMA Swasta Sultan Iskandar Muda pada materi fluida dinamis. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Swasta Sultan Iskandar Muda tahun ajaran 2022/2023. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji ANOVA untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran two stay two stray pada kelas eksperimen meningkatkan aspek menafsirkan sebesar 5%; memberikan contoh 2,5%; mengkategorikan 2,5%; menyimpulkan 4,12%; menduga 10%; membandingkan 5%; dan menjelaskan 17,5% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 2) Model pembelajaran two stay two stray meningkatkan minat belajar peserta didik dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,56. Kata Kunci: model pembelajaran two stay two stray; pemahaman konsep; minat belajar; fluida dinamis Abstract. This research aims to determine the effect of the two stay two stray learning model on high school students' conceptual understanding and learning interest in dynamic fluid material. This research is a quasi-experimental research with a pretest-posttest control group design. Research was conducted at Sultan Iskandar Muda Private High School on fluid dynamic materials. The sampling technique used is random sampling. The research subjects were class XI students at Sultan Iskandar Muda Private High School for the 2022/2023 academic year. Data analysis in this study used the ANOVA test to test the research hypothesis. The research results show that: 1) The two stay two stray learning model in the experimental class increases the interpreting aspect by 5%; give an example of 2.5%; categorize 2.5%; concluded 4.12%; suspect 10%; compare 5%; and explained 17.5% higher than the control class. 2) The two stay two stray learning model increases students' learning interest in the medium category with an N-Gain value of 0.56. Keywords: two stay two stray learning model; concept understanding; interest in learning; dynamic fluid

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...