Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pendidikan di Indonesia, memaksa pembelajaran dilakukan secara daring. Namun, adaptasi terhadap teknologi pembelajaran masih belum optimal, terutama dalam pembelajaran fisika. Banyak guru masih menggunakan e-book dan PowerPoint seadanya, serta mengalami kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif. Akibatnya, motivasi dan penguasaan materi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis motion graphic pada pembelajaran materi Fluida Statik; dan 2) Mengetahui peningkatan motivasi dan penguasaan materi peserta didik kelas XI SMA pada materi Fluida Statik setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model 4D. Metode pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran animasi berbasis motion graphic yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika; dan (2) Media pembelajaran animasi berbasis motion graphic efektif dalam meningkatkan motivasi serta penguasaan materi peserta didik.
Copyrights © 2024