Perkembangan pendidikan di abad 21 menuntut kemampuan berpikir kritis pada siswa, tetapi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih menggunakan metode tradisional sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu menjelaskan dan memberikan wawasan tentang model pembelajaran reciprocal teaching yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka dengan teknik Systematic Literature Review. Langkah yang ditempuh meliputi pencarian, peninjauan, interprestasi, dan analisis terdahap semua artikel tentang model pembelajaran reciprocal teching pada rentang waktu 2018 hingga 2023. Sumber referensi yang diperoleh yaitu dari database Semantic Scholar, Google Scholer, dan Publish Or Perish. Hasil analisis data menyatakan bahwa model reciprocal teaching dapat di jadikan sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditempuh melalui penerapan model reciprocal teaching sehingga dapat dijadikan pertimbangan pendidik dalam menerapkannya pada proses pembelajaran didalam ruangan kelas.
Copyrights © 2024