Pembelajaran IPA dengan menggunakan media yang kurang menarik membuat siswa kurang berminat dalam belajar, akhirnya menyebabkan siswa sulit dalam memahami materi dan sulit dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Media pembelajaran yang menunjang dalam proses pembelajaran yang menarik adalah media pembelajaran berbasis digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media berbasis digital pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literasture Review (SLR). Penelitian ini dimulai dengan melakukan review dan mengidentifikasi artikel yang sudah dikumpulkan secara terstruktur. Artikel-artikel yang digunakan diperoleh dari Google Scholar, Erik Journal, dan Scopus dengan rentang tahun 2018-2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beragam media pembelajaran digital yang digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah Dasar, seperti flipbook, komik digital, e-scrapbook, ular tangga digital, google sites, ethno-STEM, Quizwhizzer, multimedia interaktif, dan instagram. Oleh karena itu, penggunaan media digital dalam proses pembelajaran IPA akan menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024