Journal of Information Systems and Management
Vol. 3 No. 4 (2024): August 2024

Membentuk Masa Depan yang Berkelanjutan: Review Tantangan dan Peluang Kurikulum Merdeka Perspektif Indra Charismiadji

Natasya, Vara (Unknown)
Nurhuda, Vivit (Unknown)
Asbari, Masduki (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kurikulum mandiri masih belum matang namun sudah diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia. Laporan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mencatat karena sumber data diperoleh dengan mendengarkan narasi lisan dari channel YouTube Vox Point Education yang berjudul “Berlakukan Kurikulum Mandiri, Apakah Bangsa Ini Masih Waras?” jelas Indra Charismiadji. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Indra Charismiadji menyampaikan pandangan kritisnya terhadap perubahan kurikulum di Indonesia. Ia juga mengutip pernyataan bahwa “tidak ada salahnya mengubah kurikulum, itu hanya tanda kegilaan,” menyoroti perubahan terus-menerus dalam sistem pendidikan tanpa hasil yang signifikan. Ia juga mengkritisi penggunaan uang tambahan (BAUWMM) yang tidak melakukan perbaikan berarti. Terakhir, Indra Charismiadji memberikan beberapa rekomendasi untuk memulihkan sistem pendidikan di Indonesia, antara lain memastikan bahwa setiap kebijakan pendidikan fokus pada upaya menjadikan kehidupan bangsa lebih cerdas, mengikuti rekomendasi OECD, menghasilkan kebijakan yang matang berdasarkan kajian akademis yang komprehensif, dan memperhatikan dampak ekonomi. masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jisma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Information Systems and Management (JISMA) are international journals with peer-review, which emphasizes the aspects of theory, research, and intellectual development of the information systems in organizations, institutions, economy, and society. Journal of Information Systems and ...