Journal Health Information Management Indonesian
Vol. 3 No. 1 (2024): April (Journal Health Information Management Indonesian)

Hubungan Aspek Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Karanganyar

Fauziah Kurnia Permatasari (Unknown)
Wahyu Ratri Sukmaningsih (Unknown)
Sinta Novratilova (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2024

Abstract

 Abstrak — Puskesmas dalam memberikan sebuah pelayanan kesehatan harus yang berkualitas atau bermutu, salahsatunya dengan memberikan fasilitas yang lengkap agar meningkatkan kepuasan serta kualitas hidup pasien ataupengguna pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatandengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Karanganyar. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakanmetode analitik observasional. Sampel yang digunakan yaitu 100 pasien rawat jalan. Intrumen penelitianmenggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji statistik Chi Square dengan p-value ≤ 0,05. Hasil daripenelitian menunjukkan ada hubungan dimensi kehandalan (p-value=0,003), dimensi bukti fisik (p-value = 0,004),dimensi jaminan (p-value = 0,004), dimensi empati (p-value = 0,002) dan dimensi daya tanggap (p-value = 0,002)dengan kepuasan pasien di Puskesmas Karanganyar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MIK

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

The field of Health Information Management in question consists of the scope of nursing, public health, pharmacy, Medical Laboratory Technology, recorders and health information, midwifery, health analysts, nutrition, psychology, and other health ...