Abstrak — Latar belakang: RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta adalah rumah sakit bertipe C yangsudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Ada beberapa berkas yang menyebakan pending dalam proses klaim.Penelitian ini menggunkan sampel sebanyak 94 berkas pasien rawat jalan. Terdapat 7 masalah yang ada di RSUDyang menyebabkan berkas penjadi pending yaitu 15 berkas terkait kunjungan berulang, 24 berkas masih dalamsatu rangkaian rawat inap, 14 berkas karena konfirmasi kode prosedur, 20 berkas karna salah entri cara pulang, 7berkas karena hasil pemeriksaan penunjang, 12 berkas indikasi rujukan antar poli, dan 2 berkas kehamilan tanpapenyulit. Tujuan : Mengetahui penyebab pending klaim dan upaya UP2Jkdalam mengatasi penyebabpendingberkas klaim. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Analisis dilakukun dengan cara reduksi data,penyajiandata dan penarikan kesimpulan. Hasil : Dari penelitian yang telah dilakukan yang menyebabkan pending dapatdilihat dari 2 aspek verifikasi klaim yaitu aspek verifikasi administrasi kepesertaan dan aspek verifikasi pelayanan.Aspek verifikasi administrasi kepesertaan bahwa sudah sesuai dengan petunjuk tehnik verifikasi klaim BPJSKesehatan tahun 2014 bahwa data sudah 100% sesuai anatara SEP dengan INA VBG’s sedangkan dari aspekverifikasi administrasi pelayanan masih ada 7 masalah yng menyebabkan berkas klaim mengalami pending.
Copyrights © 2024