Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2024): Mei

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Elisa, Elisa (Unknown)
Pagarra, Hamzah (Unknown)
Raihan, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di Unit Pelaksana Teknis Daerah Satuan Pendidikan Formal Sekolah Sekolah Dasar Negeri Sudirman III, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Metodologi yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain quasi-experimental tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV, dengan jumlah sampel 21 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan angket motivasi belajar. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri diterapkan dengan efektif. Selain itu, hasil analisis inferensial menggunakan independen sample t-test mengungkapkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal motivasi belajar, di mana kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih besar. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran inkuiri tidak hanya berjalan dengan baik tetapi juga efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam penerapan metode pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

melior

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia memfokuskan untuk menerima riset-risetnya di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini didirikan dengan dasar bahwa para peneliti memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih baik dari situasi ...