Bisnis ritel berperan penting dalam menghubungkan produsen dan konsumen. Toko ritel seperti Eljar Kitchen menyediakan berbagai produk kebutuhan hidup bagi konsumen. Tata letak toko yang tertata rapi membantu konsumen menemukan produk dengan mudah. Namun, tata letak toko Eljar Kitchen saat ini dinilai tidak teratur dan belum optimal. Dengan mengoptimalkan tata letak toko Eljar Kitchen diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperbaiki aliran kerja secara keseluruhan. Analisis perancangan tata letak toko Eljar Kitchen dilakukan dengan menggunakan pendekatan Activity Relationship Chart (ARC) dan perhitungan Total Closeness Rating (TCR). Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi tata letak produk dan fasilitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa gudang produk memiliki nilai TCR tertinggi (583), yang berarti gudang adalah fasilitas yang paling penting di toko. Hal ini menunjukkan bahwa tata letak gudang produk harus diprioritaskan agar memudahkan karyawan dalam efisiensi operasional dan pengelolaan inventaris di Eljar Kitchen. Menyusun kembali tata letak secara efisien, Eljar Kitchen dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024