PERFECT EDUCATION FAIRY
Vol. 2 No. 1 (2024): PERFECT EDUCATION FAIRY

Manajemen Kepala Sekolah di Era Society 5.0: Strategi Kepemimpinan Adaptif dalam Transformasi Pendidikan

Dahlia , Dahlia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Era Society 5.0 menandai pergeseran paradigma global yang menekankan integrasi teknologi digital dengan nilai-nilai kemanusiaan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan dituntut tidak hanya berperan sebagai manajer administratif, tetapi juga sebagai pemimpin transformasional yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep manajemen kepala sekolah di era Society 5.0 melalui pendekatan studi pustaka (library research). Data diperoleh dari literatur primer berupa buku, jurnal ilmiah, serta dokumen kebijakan, yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepala sekolah yang diatur dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 masih relevan, namun perlu diperluas dengan dimensi kepemimpinan digital, kepemimpinan berbasis inovasi, serta kemampuan membangun jejaring kolaboratif. Kajian literatur juga menegaskan bahwa kepala sekolah yang mampu mengintegrasikan teknologi digital dalam proses manajerial dan pembelajaran dapat meningkatkan mutu pendidikan, memperkuat profesionalisme guru, dan menciptakan ekosistem sekolah yang adaptif terhadap perubahan. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan infrastruktur, kesenjangan literasi digital, serta resistensi terhadap budaya baru. Oleh karena itu, manajemen kepala sekolah di era Society 5.0 harus dipahami sebagai strategi kepemimpinan komprehensif yang menyeimbangkan inovasi teknologi dengan humanisasi pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bec

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

"PERFECT EDUCATION FAIRY adalah sebuah jurnal multidisiplin dengan fokus khusus dan dedikasi pada bidang sosial budaya. Dengan ISSN 3024-8183, jurnal ini berupaya memiliki reputasi tinggi di dunia akademik dan telah menjadi kontributor signifikan dalam penyebaran pengetahuan dan pemahaman di ...