Waspada : Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan
Vol 12, No 2 (2024): WASPADA

Analisis Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas IV dalam Menentukan Ide Pokok Bacaan Naratif Teks di Mi Ma’arif Beji

Iskhaqy, Fath Yusuf (Unknown)
Wijayanti, Atrianing Yessy (Unknown)
Sri Legowo, Yogi Ageng (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajardalam menentukan ide pokok bacaan naratif teks. Fokus penelitiannya yaitu menganalisis faktor kesulitanbelajar siswa kelas IV dalam menentukan ide pokok bacaan naratif teks di MI Ma’arif Beji. Tujuanpenelitian ini untuk mendeskripsikan faktor kesulitan belajar siswa kelas IV dalam menentukan ide pokokbacaan naratif teks.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian iniyaitu Guru kelas IV dan siswa kelas IV MI Ma’arif Beji yang berjumlah 11 siswa. Teknik penelitian yangdigunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian tersebut dianalisismenggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan metode Triangulasi teknik. Penelitianini dilaksanakan pada tanggal 15 November 2023.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitanbelajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal (kurang minat membaca, kurangnyamotivasi, perbedaan kemampuan membaca, latar belakang pengetahuan, dan faktor eksternal (kondisi ruangkelas, rasa bosan, dan gangguan dari teman).Kata kunci: Kesulitan belajar siswa, Ide Pokok Bacaan Naratif Teks

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

waspada

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

WASPADA - Jurnal Wawasan Perkembangan Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Pengembangan Pendidikan Guru. Redaksi mengharapkan para peneliti, penulis dan pakar bidang Pendidikan dapat turut menyumbang naskah kemajuan dunia pendidikan dan jurnal ...