Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 4 No. 2: July-December 2024

Project Based Learning sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Desain Grafis dalam Pembelajaran Abad ke-21

Stefany, Evy Maya (Unknown)
Diana, Luluk Mauli (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Perkembangan abad 21 dapat dilihat dengan pesatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai macam bidang kehidupan. Salah satunya dalam dunia  pendidikan karena tuntutan dari dunia perkerjaan yang mengharuskan setiap peserta didik memiliki kompetensi yang mumpuni di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Project based learning sebagai inovasi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan desain grafis pada pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan metode penelitian kualitatif. Partisipan    penelitian    ini    merupakan  80 orang mahasiswa   semester   5  Program   Studi   Pendidikan Informatika Universitas Trunojoyo Madura.   Penelitian   ini   dilakukan pada mata kuliah Desain Grafis  pada  semester  gasal  tahun  ajaran  2023/2024. Kelas tersebut dilaksanakan  secara hybrid baik online maupun offline. Tujuan  pembelajarannya yaitu  peserta didik  memahami konsep, teori serta memiliki keterampilan dalam desain grafis. Hasil yang diperoleh dalam penerapan model PjBL terkait keterampilan desain grafis yaitu: (1) Mahasiswa terfasilitasi untuk mengembangkan kemampuan berkolaborasi selama melaksanakan proses PjBL. Mereka belajar mendengarkan dan menerima pendapat teman lain, mengajak teman yang tidak semangat untuk mengerjakan, bekerjasama mulai dari menemukan ide sampai mengeksekusi projeknya. (2) PjBL juga mengembangkan komunikasi peserta didik. Komunikasi secara informal maupun formal. Komunikasi informal saat mereka bersama dengan teman-teman kelompoknya sedangkan formal saat mereka harus menghubungi audience dan menampilkan product atau performancenya di depan audience tersebut. (3) Kreativitas dan kemampuan berfikir kritis pun terbentuk. Mereka membutuhkan kretavitas dan kemampuan berfikir kritis untuk menemukan ide dan membuat projeknya layak untuk dipresentasikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Description

Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 ...