Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 4 No. 2: July-December 2024

Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMP Negeri 4 Samarinda

Novianti, Hanny (Unknown)
Subastian, Eko (Unknown)
Rosita, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII-3 SMP Negeri 4 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group pre-test post-test Design. Dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas VII-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar awal (pre-test) dan tes hasil belajar akhir (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata nilai pre-test siswa adalah 61,47, sedangkan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 85,14, dengan peningkatan sebesar 38,53%, dan dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga H0 ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Description

Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 ...