Muaddib: Islamic Education Journal
Vol 6 No 2 (2023): Muaddib: Islamic Education Journal

Evaluasi Pelaksanaan Program Mujahadah dalam Menjaga Hafalan Al-Quran Santriwati di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya

Madina, Madina (Unknown)
Julizun Azwar, Alfi (Unknown)
Mukmin, Mukmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi dari berbagai aspek program Mujahadah di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya dalam menjaga hafalan Al-Qur'an para santriwati. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggali data dari berbagai sumber, baik primer maupun sekunder, melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, dengan menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Mujahadah, secara umum, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, namun masih terdapat beberapa indikator yang belum sepenuhnya terpenuhi. Misalnya, dalam konteksnya, program ini cocok dengan tujuan awalnya, namun masih ada kekurangan dalam spesifikasi lingkungan program, seperti kurangnya penerapan peraturan yang mendukung program ini secara optimal dan kurangnya pengelolaan program yang efektif oleh pihak yang bertanggung jawab. Dari segi input, program ini cukup sesuai dengan kriteria, meskipun ada ketidakmerataan dalam kemampuan awal santriwati sebelum mereka bergabung dengan program Mujahadah. Dalam hal proses, meskipun implementasinya dianggap cukup sesuai dengan kriteria, masih ada perbedaan antara jadwal yang telah ditentukan dan pelaksanaan kegiatan sebenarnya. Selain itu, penelitian juga mengungkapkan adanya hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru tahfidz dan santriwati dalam menjalankan program ini. Dari segi produk, program Mujahadah dinilai cukup sesuai dengan kriteria, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan lebih lanjut, seperti belum optimalnya pencapaian target hasil program dan kurangnya upaya dalam sosialisasi dan memberikan motivasi kepada santriwati.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

muaddib

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Muaddib: Islamic Education Journal (P-ISSN: 2722-9564) and (E-ISSN: 2722-9572) is a peer-reviewed journal published biannually (June & December) by Program Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia. This journal ...