: E-modul merupakan salah satu bahan ajar yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran I-SETS menjadikan siswa lebih mudah memahami materi pelajaran, karena siswa tidak hanya menguasai materi, namun juga peka terhadap permasalahan ataupun isu yang ada di masyarakat, serta dapat mengambil keputusan akan masalah-masalah yang sedang terjadi dan dapat mengaitkannya dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik keanekaragman hayati berbasis I-SETS berpotensi meningkatkan literasi keanekaragaman hayati siswa. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dibatasi pada uji kelompok kecil (small group evaluation) dengan subjek penelitian 30 peserta didik kelas X IPA MA. Data yang diperoleh berdasarkan instrumen uji kelayakan oleh validator ahli materi dan ahli media, uji coba oleh guru biologi, one to one evaluation, dan uji kelompok kecil. Hasil uji kelayakan oleh validator ahli materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,20. Hasil uji kelayakan oleh validator ahli media mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,20. Hasil uji coba guru biologi mendapatkan skor sebesar 4,10. Hasil one to one evaluation mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,10 dan hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,37 dengan kategori sangat layak. E-modul Edu-Kehati berbasis I-SETS layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi keanekaragaman hayati dan berpotensi meningkatkan literasi keanekaragaman hayati siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024