Lunggi Journal
Vol. 2 No. 1 (2024): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN TEMATIK PASCA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA TARBIYAH TEBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Syuhada, Nur (Unknown)
Mujahidin, Mujahidin (Unknown)
Rona, Rona (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang: 1) motivasi pembelajaran tematik pasca pandemi covid-19 di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tarbiyah Tebas. 2) pelaksanaan pembelajaran tematik pasca pandemi covid-19 di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tarbiyah Tebas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, display data/penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan member check. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) motivasi pembelajaran tematik pasca pandemi covid-19 di Kelas III, yaitu : Pemberian pujian diberikan kepada siswa yang mampu mengerjakan tugas dengan baik. Selain itu guru juga memberikan pujian kepada siswa yang belum mampu mengerjakan soal dengan baik, hal ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat siswa. Pemberian angka/ nilai diberikan guru jika siswa sudah mengerjakan dan mengumpulkan tugasnya. Tugas yang telah dikumpulkan akan dinilai oleh guru. Komunikasi persuasif yang dilakukan guru selama proses pembelajaran tematik pasca masa pandemi covid-19, yaitu dengan memberikan semangat, pujian, dan nasehat. Selain itu juga guru memberikan nasehat dan teguran jika terdapat siswa yang memiliki masalah seperti tidak mau belajar, tidak mengerjakan tugas, dan tidak hadir dalam pembelajaran tatap muka; 2) Persiapan guru untuk melaksanakan proses mengajar seperti membuat RPP sangat penting sebagai pedoman seorang guru melaksanakan pembelajaran tematik di kelas. Pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan media pembelajaran yang mudah di pahami dan sesuai dengan kemampuan siswa masing-masing agar tujuan pembelajaran tercapai. Indikator motivasi belajar adalah adanya kegiatan penggunaan media yang menarik dalam belajar. Penyajian materi pembelajaran dengan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik dapat menyenangkan siswa sehingga siswa termotivasi dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...