BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 7 No 2 (2024): Jurnal Binomial

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM POSING LEARNING (PPL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 18 BONE

Triyuliani, Sindy (Unknown)
Asmah, Sitti (Unknown)
Muliana, Muliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan apakah model pembelajaran Problem Posing Learning (PPL) efektif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 18 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan sampel yang digunakan adalah kelas X 3 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-Test and Post-Test Design. Hasil pengujian data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji Paired Sample T Test dari data pre-test dan post-test yang diperoleh sebesar 0,01 sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model Problem Posing Learning (PPL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model ini mampu mengajarkan siswa untuk berpikir kritis, melibatkan mereka dalam pembelajaran, mengajarkan cara menganalisis suatu masalah sehingga berimplikasi pula pada ketercapaian hasil belajarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...