cover
Contact Name
Warda Murti
Contact Email
binomial.biologi@umma.ac.id
Phone
+6282195293453
Journal Mail Official
binomial.biologi@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros, Sulawesi Selatan 90511
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
ISSN : 26230143     EISSN : 26572184     DOI : https://doi.org/10.46918/binomial
Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi September
Articles 133 Documents
PENINGKATAN AKTIVITAS & HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SMAN 2 WATAMPONE Nurhidayah Nurhidayah
Binomial Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Binomial
Publisher : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STADsiswa SMAN 2 Watampone kabupaten Bone. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMAN 2 Watampone dengan jumlah siswa 39 orang dan guru biologi sebagai pengajar.Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Data diperoleh dari dua instrumentberupa lembar observasi, digunakan untuk mencatat kegiatan yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung di kelas dan instrumen tes evaluasi hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda berjumlah 30 soal tiap siklus yang dilakukan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa meningkat dalam hal (1) mendengarkan dan memahami penjelasan guru,(2) kerjasama dalam kelompok, (3) mengajukan pertanyaan, (4) menjawab pertanyaan, serta aktivitas siswa yang menurun dalam hal (5) mengerjakan tugas mata pelajaran lain, (6) keluar masuk kelas,(7) mengangkat cerita di luar materi pelajaran. Nilai persentase siswa yang tuntas pada siklus I 41,03% menjadi 84,62% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) Wiwin Pramita Arif
Binomial Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Binomial
Publisher : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah 37 orang siswa kelas XI IPA6 SMA Negeri 12 Makassar pada semester genap 2010/2011. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT meningkatkan hasil, dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA6 SMA Negeri 12 Makassar. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu, (1) rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 59,95 menjadi 75,05 dan peningkatan persentase siswa yang tuntas dari 48,65% menjadi 78,38% . (2) aktivitas siswa menunjukkan peningkatan yakni siswa menyimak penjelasan guru, aktif dalam kegiatan diskusi, menjawab seluruh pertanyaan turnamen dengan cepat dan benar, dan memberi tanggapan saat turnamen menunjukkan adanya peningkatan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA6 SMA Negeri 12 Makassar.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI MATA KULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA Muh. Anas
Binomial Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Binomial
Publisher : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah Zoologi Invertebrata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment).Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikanBiologi semester tiga kelas A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning dan mahasiswa pendidikan Biologi semester tiga kelas B yang diberi perlakuan metode konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 7 item yang telah divalidasi.Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80 dan kelas kontrol sebesar 70.Teknik analisis data yang dilakukan untuk uji normalitas adalah uji Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan Levene Test, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed = 0.000) dan ½ α = 0,025, maka Sig (2-tailed) = 0,000 < ½ α = 0,025. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi semester tiga kelas A.
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MIKROBIOLOGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUSLIM MAROS Warda Murti
Binomial Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Binomial
Publisher : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Mikrobiologi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi Universitas Muslim Maros yang berjumlah 210 mahasiswa, sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 84 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data variabel kebiasaan belajar menggunakan angket sedangkan untuk data prestasi belajar Biologi menggunakan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis mengunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mikrobiologi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. Hal ini dibuktikan dengan nilai Signifikan (Sig.) lebih kecil dari alpha (0,001 < 0,05) dan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,356 > 1,989) pada taraf signifikansi 5%. Besarnya sumbangsih Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar yaitu sebesar 12,1%.
PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MTS DDI BARU-BARU TANGA PANGKAJENE Sri Maya
Binomial Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Binomial
Publisher : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dari hasil observasi yang dilakukan pada MTS DDI Baru-Baru Tanga Pangkajene, ada beberapa permasalahan yang sering muncul di kelas, yakni tidak adanya ketertarikan siswa terhadap pelajaran sehingga ada kecenderungan siswa untuk bersikap pasif dalam proses pembelajaran. Selain itu, pencapaian nilai hasil belajar siswa berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) 65.Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) bagaimana aktivitas belajar siswa MTS DDI Baru-Baru Tanga Pangkajene dalam pembelajaran IPA melalui penerapan metode inkuiri terbimbing? (ii) bagaimana hasil belajar siswa kelas VII MTS DDI Baru-Baru Tanga Pangkajene dalam pembelajaran IPA melalui penerapan metode inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini antara lain (i) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VII MTS DDI Baru-Baru Tanga Pangkajene melalui penerapan metode inkuiri terbimbing dalam pembelaran IPA; (ii) untuk mengetahui hasil belajar siswa MTS DDI Baru-Baru Tanga Pangkajenemelalui penerapan metode inkuiri terbimbing dalam pembelaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) penerapan metode inkuiri terbimbing, meningkatkan aktivitas belajar siswa; (ii) hasil belajar biologi siswa kelas VII MTS DDI Baru-Baru Tanga Pangkajene mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata tes evaluasi pada siklus I sebesar 56,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,30. Begitupun dengan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang memperlihatkan 100% siswa memperoleh nilai melampaui KKM yang ditetapkan yaitu 65.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI Amri amri; Hasmira hasmira
Binomial Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Binomial
Publisher : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI MIA.4 SMA Negeri 2 Parepare. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental, dengan desain penelitian One-Group-Pre-Motivasi-Post-Motivasi. Populasi penelitian meliputi semua peserta didik kelas XI.MIA SMA Negeri 2 Parepare yang terdiri dari lima kelas. Sampel diambil secara acak (cluster Random Sampling) yaitu kelas XI MIA.4. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar biologi pre-motivasi dan post-motivasi, lembar observasi kemampuan pendidik mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan analisis validasi isi instrumen, analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji-t berpasangan. Dari hasil uji analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase skor motivasi belajar peserta didik pada pre-motivasi berada pada kategori rendah dan mengalami perubahan persentase rata-rata pada post-motivasi yaitu kategori tinggi tinggi. Hasil uji t terhadap nilai pre-motivasi dan post-motivasi diperoleh nilai peluang sig (2-tailed) = 0,000 <⍺ (⍺ = 0.05), sehingga di dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 PareparePenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI MIA.4 SMA Negeri 2 Parepare. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental, dengan desain penelitian One-Group-Pre-Motivasi-Post-Motivasi. Populasi penelitian meliputi semua peserta didik kelas XI.MIA SMA Negeri 2 Parepare yang terdiri dari lima kelas. Sampel diambil secara acak (cluster Random Sampling) yaitu kelas XI MIA.4. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar biologi pre-motivasi dan post-motivasi, lembar observasi kemampuan pendidik mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan analisis validasi isi instrumen, analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji-t berpasangan. Dari hasil uji analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase skor motivasi belajar peserta didik pada pre-motivasi berada pada kategori rendah dan mengalami perubahan persentase rata-rata pada post-motivasi yaitu kategori tinggi tinggi. Hasil uji t terhadap nilai pre-motivasi dan post-motivasi diperoleh nilai peluang sig (2-tailed) = 0,000 <⍺ (⍺ = 0.05), sehingga di dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Parepare
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 2 MAROS Muh Anas
Binomial Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Binomial
Publisher : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar biologi Kelas VIII MTsN 2 Maros. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 2 Maros yang berjumlah 104. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Analisis Varian (ANOVA) dengan jenis satu jalur (One Way Anova) menggunakan Software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar biologi kelas VIII Mtsn 2 Maros. Hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung (10.968) > Ftabel (3.186582) dan nilai Sig 0.000 < 0.05 yang berarti ada perbedaan bermakna rerata pada semua kelompok pola asuh orang tua.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERKARAKTER PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR Pertiwi indah lestari; Dahliana Abdullah
Binomial Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Binomial
Publisher : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research) yang bertujuan untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran berkarakter pada mata kuliah kimia. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan atau Model 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pembatasan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berkarakter bersifat valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan telah memenuhi kriteria kevalidan meliputi RPS/SAP, Bahan Ajara, LKM, dan THB masing-masing berada pada kategori "Valid". Perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori terlaksana seluruhnya. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) Keseluruhan tahap kegiatan pembelajaran yang dikelola oleh Dosen dengan nilai rata-rata pengamatan 3,91 berada pada kategori tinggi dengan nilai reliabilitas 0,90 (2) Rata-rata persentase waktu yang digunakan oleh mahasiswa dalam aktivitas pembelajaran berada dalam rentang waktu ideal yang ditoleransi. (3) rata-rata nilai total yang diperoleh mahasiswa, yaitu sebesar 78,89 maka karakter yang ditanamkan pada mahasiswa berada pada kategori membudaya (MY). (4) respon positif mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran 96,33% Bahan Ajar 96,33%, LKM 86,33% (5) sebesar 86,67% dan dengan nilai tersebut berarti bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal.
PENGARUH PERILAKU BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 4 BANTIMURUNG Warda Murti
Binomial Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Binomial
Publisher : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh Perilaku Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bantimurung. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan media yang berupa angket, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perilaku belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bantimurung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket yang telah disediakan oleh peneliti, dimana pengambilan data ini di peroleh dari hasil ulangan siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka diperoleh nilai signifikan sebesar 0,049 ˂ 0,05 sehingga ada pengaruh variabel X terhadap Y. Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Variabel skala likert dalam penelitian ini adalah X yaitu - perilaku dan Y yaitu – prestasi. Sehingga pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perilaku belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negri 4 Bantimurung.
URGENSI BIOETIKA DALAM PERKEMBANGAN BIOLOGI MODERN MENURUT PERSPEKTIF ISLAM Nuraliah Ali
Binomial Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Binomial
Publisher : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Biologi merupakan cabang ilmu yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan. Perkembangan biologi saat ini memberikan sumbangsi dan manfaat yang besar dalam berbagai bidang kehidupan. Akan tetapi seiring dengan perkembangannya, muncul problematika yang disebabkan oleh hasil perkembangan itu sendiri maupun oleh arogansi dan keberanian untuk melakukan eksperimen yang tidak lagi bertujuan untuk keamanan lingkungan dan kemaslahatan kehidupan tetapi lebih pada ambisi yang tidak dapat diterima moral dan agama. Untuk mengontrol dan mendampingi perkembangan biologi modern dibutuhkan aturan dan batasan yang lebih lanjut dikenal dengan Bioetika. Bioetika erat kaitannya dengan etika, moral, norma, budaya dan Agama. Etika dan moral sebagai kajian tentang baik dan buruk suatu perbuatan, ditentukan berdasarkan akal pikiran dan kebiasaan masyarakat, sedangkan akhlaq ditentukan berdasarkan wahyu. Sesuai dengan prinsip dasar bioetika yakni otonomi, keadilan, berbuat kebaikan dan tidak merugikan, sesungguhnya Islam telah memaparkan dalam al Qur’an yakni prinsip otonomi atau keilahian Tuhan disebutkan dalam Q.S. 2:255, 260; Q.S. 67:2; Q.S. 4: ; Q.S. 5:3,151; Q.S. al-Jāśiyah: 23; Q.S. 33:72; Q.S. 49:10, prinsip keadilan dalam Q.S. 4:58; Q.S. 7:29; Q.S. 16:90; Q.S. 42:15, prinsip kebermanfaatan dalam Q.S. 5:3; Q.S. 6:105, 108; Q.S. 7:18; Q.S. 47:144, dan prinsip tidak merugikan disebutkan dalam Q.S. 2:148, 158, 165; Q.S. 16:53; Q.S. 28:77

Page 1 of 14 | Total Record : 133