Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan dinamika psikologis perilaku compulsive hoarding dengan mengungkapkan variasi masalah hoarding yang dimiliki oleh setiap subjek penelitian, problem-problem yang terjadi sebagai dampak dari perilaku hoarding disertai upaya untuk mengatasi masalah hoarding dan keberhasilannya, dan juga penyebab munculnya gangguan dari perspektif pospositivistik. Dengan menggunakan perspektif ini, kerangka berpikir peneliti tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga memunculkan variasi atau kekhasan masing-maisng individu. Penelitian ini menunjukkan bahwa onset gejala-gejala perilaku hoarding dimulai sejak pertengahan masa Sekolah Dasar, ditengarai muncul bersamaan dengan pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan yang dialami oleh individu penderita compulsive hoarding. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kerentanan yang menimbulkan gangguan hoarding adalah pola asuh yang otoriter, permissive indulgent, dan adanya bullying di sekolah.
Copyrights © 2016