Al Jahiz: Journal of Biology Education Research
Vol 2 No 2 (2021): Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, July-December 2021

Penerapan Metode Field Trip Berbasis Cooperative Learning terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa

Narsan, Vifty Octanarlia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari methods field trip berbasis cooperative learning terhadap keterampilan kerja sama siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen. Subyek terdiri dari 35 siswa. Keterampilan kerja sama diobservasi dari cara siswa melakukan kerja dalam kelompoknya selama proses pembelajaran berlangsung. Keterampilan kerja sama diukur menggunakan lembar observasi yang berisi 7 pernyataan, rubrik keterampilan kerja sama, dan direkam selama proses pembelajaran. Bentuk lembar observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk skor 0-3. Data hasil analisis lembar observasi dan angket keterampilan kerja sama dianalisis menggunakan cara menghitung persentase. Proses keterlaksanaan metode field trip berbasis cooperative learning dapat dianalisis menggunakan lembar observasi dan rubrik proses keterlaksanaan metode field trip berbasis cooperative learning serta LKS dan rubrik penilaian LKS. Data yang diperoleh dari penelitian ini mengungkapkan penerapan methods field trip berbasis cooperative learning mempengaruhi keterampilan kerja sama siswa. Sehingga temuan ini dapat dipertimbangkan oleh pendidik pengetahuan dalam memilih metode pengajaran untuk meningkatkan keterampilan kerja sama siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Al-Jahiz

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. Receives and publishes scientific articles from research in the field of biology education and the use of biological research in learning. Special emphasis is as follows: (1) Research on Biology / Science Learning at all levels of education. (2) Pure ...