MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2024): MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

Aprilla Gita (Unknown)
Rivdya Eliza (Unknown)
Fitria Mardika (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Predict-Observe-Explain. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control grup only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman dengan kelas VIII.2 dan VIII.3 sebagai kelas sampel. Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan uji-t, α = 0.05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh ttabel = 1,67 dan thitung = 2,47 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji hipotesis kemampuan penalaran matematis dengan uji-t, α = 0.05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh ttabel = 1,67 dan thitung = 2,09 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis peserta didik lebih tinggi saat belajar dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mega

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasi artikel penelitian dalam bidang pendidikan matematika, termasuk di dalamnya mengenai belajar dan pembelajaran, pengajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, dan pengembangan pembelajaran yang berkaitan dengan ...