Evaluasi digunakan untuk mengetahui tujuan yang dirumuskan tercapai, apakah penggunaan media pembelajaran e-learning sudah mencapai sasaran, apakah prosedur penggunaannya sudah tepat, dan apakah seluruh elemen-elemen lainnya yang menentukan keberhasilan tujuan penggunaan media pembelajaran e-learning di UIN Raden Intan Lampung sudah tercapai, termasuk mengetahui kendala atau permasalahan yang terjadi dalam proses penggunaannya. Oleh karena itu, maka kedudukan evaluasi menjadi sangat penting adanya sebagai media atau wahana untuk menganalisis tingkat keberhasilan. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan implementasi Media Pembelajaran E-Learning UIN Raden Intan Lampung, 2) menjabarkan faktor-faktor penunjang dan penghambat implementasi media pembelajaran E-Learning UIN Raden Intan Lampung, dan 3) memaparkan evaluasi Media Pembelajaran E-Learning UIN Raden Intan Lampung melalui pendekatan CIPP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Populasi terdiri atas dosen berjumlah 358, dan mahasiswa berjumlah 51.673. Sementara sampel yang ditentukan ialah dosen 36 orang, dan mahasiswa 978 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Implementasi media pembelajaran e-learning di UIN Raden Intan Lampung sudah dapat dikatakan baik. Hal ini karena dosen dan mahasiswa UIN Raden Intan Lampung sudah menerapkan tahapan penggunaan e-learning secara terstruktur dan sistematis. Secara keseluruhan pengelolaan dan pemahaman dosen terhadap e-learning termasuk dalam kategori sedang dan mencapai presentase sebesar 74,33 %.
Copyrights © 2023