Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 14 No. 1 (2024)

PEMANFAATAN THE LITTLE MUSEUM ANAK AGUNG PANDJI TISNA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SASTRA: USE OF THE LITTLE MUSEUM CHILDREN AGUNG PANDJI TISNA AS A SOURCE FOR LEARNING LITERATURE

Rahmawati, Ira (Unknown)
Wisudariani, Ni Made Rai (Unknown)
Darmayanti, Ida Ayu Made (Unknown)
Seniwati, Ni Putu (Unknown)
Maduriana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi koleksi The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra, pemanfaatan The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra, dan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa, pengelola museum, pengunjung museum, guru bahasa Indonesia, dan dosen bahasa Indonesia. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna memiliki koleksi yang bersinambungan dengan pembelajaran sastra. Museum ini memiliki 1986 koleksi, di antaranya terdapat 453 koleksi yang relevan, yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sastra. Adapun pemanfaatan The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra dengan cara melakukan studi-studi khusus yang dilakukan suatu instansi pendidikan dengan mengunjungi museum Anak Agung Pandji Tisna. Kendala yang ditemukan, yaitu kurangnya pendanaan pada museum yang menjadi permasalahan utama dan kurangnya SDM sehingga museum tidak beroperasi dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...