Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran game-based learning "Mencari Jejak” yang diterapkan dalam evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yaitu materi teks eksplanasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode metode deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan hasil penelitian dengan penjelasan yang sesuai dengan fakta. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi secara langsung dengan datang ke sekolah SMAIT Mutiara Hikmah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya penerapan game-based learning “Mencari Jejak” sangat efektif digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. Dikatakan seperti itu karena dengan menerapkan metode pembelajaran game-based learning dalam proses evaluasi pembelajaran maka menjadikan hasil evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik SMA kelas XI banyak yang di atas KKM, yaitu terdapat 15 dari 19 peserta didik berhasil memperoleh nilai di atas KKM, yakni tujuh peserta didik mendapat nilai 100, tiga peserta didik mendapat nilai 93, Serta lima peserta didik mendapat nilai 79. Sedangkan yang nilainya di bawah KKM hanya 4 dari 19 peserta didik saja, yaitu dua peserta didik mendapat nilai 72, satu peserta didik mendapat nilai 64, dan satu peserta didik mendapat nilai 57.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024