Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 3, No 2 (2023): SEPTEMBER 2023

RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY MEMORY CARD GAME PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS 4 SD

Rahmannisa, Fuji (Unknown)
Rustini, Tin (Unknown)
Tri Herlambang, Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian desain dan pengembangan ini difokuskan untuk merancang dan membangun media pembelajaran berupa kartu permainan Memory Card Game dan aplikasi android berbasis Augmented Reality pada materi keragaman alat musik tradisional dan lagu daerah Indonesia di kelas 4 Sekolah Dasar. Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan partisipan yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media sebagai validator; serta 1 orang guru dan 11 orang siswa untuk memberikan respon dalam penggunaan media. Media pembelajaran yang dibangun diharapkan dapat menjadi sarana bagi guru untuk menyampaikan materi pembelajaran mengenai keragaman alat musik tradisional dan lagu daerah Indonesia agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Hasil penilaian ahli materi yaitu 89,28% dalam kategori Sangat Baik, penilaian ahli bahasa yaitu 92,7% dalam kategori Sangat Baik, penilaian ahli media yaitu 76,38% dalam kategori Baik. Hasil penilaian media oleh guru yaitu 76,38% dalam kategori Baik, penilaian dari siswa yaitu 78,89% dalam kategori Baik. Berdasarkan data yang didapatkan, media pembelajaran berbasis Augmented Reality Memory Card Game layak digunakan dalam pembelajaran keragaman alat musik tradisional dan lagu daerah Indonesia pada pembelajaran IPS. Rekomendasi dari penelitian ini adalah penyesuaian pembuatan media pembelajaran agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPIPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS (SKJPI) is an open access, and peer-reviewed journal. SKJPI aims to disseminate Conceptual thinking or ideas, reviews, and research findings/results in Social Studies Education. The results of research and analysis contained in the journal accommodate ...