Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Wawotobi dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan, dan (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat kemampuan siswa kelas V SD Negeri 1 Wawotobi dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan. Penelitian ini mengikutsertakan 28 siswa kelas VA SD Negeri 1 Wawotobi sebagai subjeknya. .Penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini.Penulis menggunakan metode perhitungan persentase untuk analisis data.Temuan penelitian ini menjelaskan berbagai masalah dan faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan siswa memecahkan operasi aritmatika pecahan.Ketika mengerjakan soal, siswa mengalami kesulitan sebagai berikut:1) Tidak dapat membentuk kalimat matematika dan melakukan rata-rata 24,1% operasi pecahan.2) kesulitan rata-rata 44,4% dalam operasi aritmatika3) kesulitan, yang rata-rata 31,5%, dengan bahan pendukung. Faktor pribadi siswa, materi faktor penguasaan konsep, dan faktor pendampingan guru menjadi penyebab kesulitan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023