Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 26 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 26 Kendari yang berjumlah 34 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 56% dengan nilai rata-rata 67,05 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan menjadi 85% dengan nilai rata-rata 80. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas V SDN 26 Kendari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023