Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 BOKORI

Daur Rahmat (Unknown)
Barlian (Unknown)
Uge, Sarnely (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru melalui penerapan model Problem Based Learning pada tema 1 Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD Negri 1 Bokori. 2) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada tema 1 Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD Negri 1 Bokori. 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1 Indahnya Kebersamaan melalui penerapan model Problem Based Learning di kelas IV SD Negri 1 Bokori. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Bokori, dengan siswa laki-laki 6 orang dan siswa perempuan 8 orang. Analisis data hasil belajar siswa diperoleh, pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 8 orang atau 57,14% dan persentase tidak tuntas sebesar 6 orang atau 42,86% dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 12 orang atau 85,71% sedangkan persentase tidak tuntas sebesar 2 orang atau 14,29% dengan nilai rata-rata siswa 85, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN 1 Bokori.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu ...