Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKUKELAS IV SDN 1 BOLA

Sri Kurniati (Unknown)
I Ketut Suardika (Unknown)
Arisanti, Wa Ode Lidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan 1 terlaksana sebesar 50% dan pada pertemuan 2 terlaksana sebesar 61,84%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 terlaksana sebesar 72.38% dan pada pertemuan 2 terlaksana sebesar 85.52%. 2) Aktivitas belajar siswa pada sikluas I pertemuan 1 terlaksana sebesar 42.30% dan pertemuan 2 terlaksana sebesar 56.57%. Sedangkan pada sikluas II pertemuan 1 terlaksana sebesar 82.89% dan pertemuan 2 terlaksana sebesar 90.78%. 3) Hasil belajar siswa pada sikluas I, 13 dari 20 siswa yang telah runtas secara klasikal yaitu 65% dengan nilai rata-rata 70.25. Sedangkan pada siklus II menunjukan bahwa 17 dari 20 siswa telah tuntas secara klasikal yaitu 85% dengan nilai rata-rata 83.125. Berdasarkan hal tersebut maka hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran discovery learning pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku subtema 2 dan 3 pada 3 dan 4 kelas IV SD Negeri 1 Bola Kabupaten Buton Selatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu ...