Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V

Yuliana Urbach (Unknown)
Amiruddin B. (Unknown)
Hikmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya media pembelajaran berbasis teknologi untuk memberikan pengelaman belajar baru pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk, dalam hal ini multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint dan Quizwhizzer pada pembelajaran IPAS, serta mengetahui kelayakan dan kepraktisan dari produk tersebut. Jenis dan desain penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari guru dan peserta didik di kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint dan Quizwhizzer memenuhi kriteria sangat layak dengan persentase ahli materi sebesar 83,1% dan ahli media sebesar 100% sehingga produk yang dikembangkan layak untuk di uji coba terbatas. Sedangkan hasil penilaian dari angket kepraktisan dengan kriteria sangat praktis oleh guru memenuhi dengan persentase sebesar 96,2% dan persentase sebesar 89,5% oleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint dan Quizwhizzer dinyatakan layak dan juga praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS di kelas V tingkat Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu ...