Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan kenampakan buatan di Kelas V SD Negeri 93 Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampaun berpikir kritis siswa melalui model Discovery Learning di kelas V SD Negeri 93 Kendari. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Partisipan dalam penelitian ini adalah 22 orang siswa kelas V di SD Negeri 93 Kendari tahun ajaran 2023-2024. Instrumen untuk pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi, tes, dan dokumentasi yang terdiri dari 2 siklus. Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian pra siklus pada kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh ketuntasan klasikal 40,90%. Pada siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis memperoleh ketuntasan klasikal 66,47%. Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis memperoleh ketuntasan klasikal 82,38%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2024