Mata kuliah Persamaan Diferensial Biasa (PDB) merupakan kelompok mata kuliah keahlian berkarya (MKB) pada Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat dengan bobot3 SKS. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, diperlukan suatu bahan ajar yang dapat mengkover permasalahan-permasalahan yang muncul terkait dengan keterbatasan sumber belajaryang tersedia. Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dapat digunakan dalam perkuliahan PDB. Pengembangan LKM berbasis Problem Based Learning (PBL) memberi peluang kepada mahasiswa untuk terampil dalam memahami konsep melalui masalah-masalah yang disediakan. Oleh karena itu, CD interaktif dapat digunakan untuk membuat konsep abstrak menjadikongkrit melalui visualisasi statis maupun animasi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. LKMdan CD interaktif dikembangkan dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, dan desseminate). Pada tahap ini dilakukan langkah-langkah seperti analisis silabus, analisis buku teks, analisis literatur, analisis karakteristik mahasiswa dan wawancara dengan teman sejawat. Hasil pada tahap define menjadi acuan dalam merancang produk berupa LKM berbasis Problem Based Learning (PBL) dan CD interaktif
Copyrights © 2016