LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 1, No 1 (2014): LEMMA : Letters of Mathematics Education

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA SD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UMMY SOLOK

Oktavinora, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar mahasiswa   dengan menggunakan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  Jigsaw  pada  mata  kuliah  Telaah  Kurikulum Matematika SD di Program Studi Pendidikan Matematika UMMY Solok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat fase, yaitu perencanaan tindakan, penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika kelas 2012A yang terdiri dari 27 orang mahasiswa. Hasil dari pertunjukan penelitian ini menunjukkan persentase aktivitas mahasiswa meningkat. Dari hasil ini ditemukan,  aktivitas memperhatikan teman/dosen dalam kelompok mendapat kategori baik (74,07%) meningkat menjadi kategori sangat baik (96. 29%). Aktivitas bertanya kepada teman/dosen dari kategori baik (62,96%) meningkat menjadi kategori sangat baik (92,59%). Aktivitas menjawab pertanyaan dari kategori rata-rata (55,56%) meningkat menjadi kategori sangat baik (88,89%). Aktivitas keberanian untuk mengeluarkan pendapat dari kategori rata-rata (59,26%) berubah menjadi  kategori  baik  (77,78%).  Aktivitas  bekerjasama  dalam  diskusi  dari  kategori  baik  (74,07%) berubah menjadi kategori sangat baik (92,59%). Aktivitas menyimpulkan materi perkuliahan dari kategori rata-rata (51,85%) meningkat menjadi kategori baik (66,67%). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe  Jigsaw dapat  meningkatkan aktivitas belajar  pada  mata  kuliah Telaah Kurikulum Matematika SD di Program Studi Pendidikan Matematika UMMY Solok

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...