Hasil survey pendahuluan di SDN Boronubaen pada kelas IV dan V menemukan bahwa sebagian besar siswa dengan status gizi normal diperoleh prestasi belajar yang tinggi sebanyak 47 anak (78,33%) dan prestasi belajar yang rendah sebanayak 13 anak (21,67%), dan anak yang memiliki berat badan yang memiliki berat badan sangat kurus, 12 siswa (20 %) memiliki berat badan kurus, 31 siswa (51,67%) memiliki berat badan normal, 17 siswa (28,33%) memiliki berat badan gemuk. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara faktor gizi kesehatan, dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross-sectional yaitu menekankan waktu pengukuran/observasi data variabel independen dan dependent hanya satu kali pada suatu saat. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh individu/populasi yang diteliti berjumlah 60 orang. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan kamera. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis uji chi square. Hasil menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara Pola konsumsi dan Penyakit infeksi dengan prestasi belajar dan terdapat hubungan antara status Gizi dan Dukungan orang Tua dengan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2024